Rabu, 11 Maret 2020

Pentingnya Mendawamkan Istigfar

Pengirim: Fathiya Haifa Raihana ---

Semua musibah dan kesusahan yang menimpa kita boleh jadi karena dosa dan maksiat yang pernah kita lakukan. Karena itu kita dianjurkan untuk memperbanyak membaca istighfar dan segera bertaubat agar dosa kita dihapus oleh Allah Ta'ala.

Rasulullah SAW bersabda dalam hadits arbain ke 18, "Iringilah keburukan dengan kebaikan, niscaya kebaikan-kebaikan  akan menghapuskannya."

Maka, tiap kali kita jatuh ke dalam jurang dosa dianjurkan untuk cepat-cepat beristigfar. Al-Hasan Al-Bashri berkata, "Perbanyaklah istighfar di rumah-rumah, meja-meja makan, jalan-jalan, pasar-pasar, dan majelis-majelis kalian di manapun kalian berada, karena kalian tidak tahu kapan turunnya pengampunan Allah Ta'ala."

Istighfar adalah sumber kemudahaan hidup dengan izin Allah Ta'ala. Karenanya, kita sangat dianjurkan memperbanyak istigfar kapan pun dan di mana pun kita berada. Istigfar adalah amalan yang sangat mudah karena hanya menggerakkan lidah dan menghadirkan hati.

Jangan pernah putus atas dari rahmat Allah Ta'ala. Karena sesungguhnya rahmat Allah sangat luas. Allah Ta'ala akan selalu mengampuni dosa-dosa hamba-Nya bagi mereka yang meminta ampun, kecuali dosa syirik.

Pepatah Arab berbunyi, yang artinya, "Setiap musibah yang turun disebabkan oleh dosa, dan tidak akan terangkat kecuali dengan taubat." ***