Rabu, 25 Januari 2023

Hidayatullah Kalteng Diminta Angkat Program Besar Untuk Kemaslahatan Umat

Penulis: Ibnu M Hawab |

PULANG PISAU --- Dewan Pengurus Wilayah (DPW) Hidayatullah Kalimantan Tengah telah berhasil meksanakan Rapat Kerja Wilayah pada Jum’at-Sabtu, 21-22 Januari 2023, di Pondok Pesantren Hidayatullah Kabupaten Pulang Pisau Kalimantan Tengah.

Foto bersama usai pembukaan Rakerwil Hidayatullah, Kalimantan Tengah.

Selain dihadiri 7 (tujuh) pengurus dari Dewan Pengurus Daerah (DPD) Hidayatullah se Kalteng, juga dihadiri unsur Dewan Pengurus Pusat, Dewan Murabi Wilayah, Muslimat Hidayatullah, Pemuda Hidayatullah, 

BMH, Posdai, dan Kampus Madya Palangkaraya.
Selain itu juga mengundang Bupati Pulang Pisau yang diwakili oleh Staf Ahli Pemerintahan dan Kesra H. Edi Purwanto Casmani, Polres Pulang Pisau, Ketua PDM Pulang Pisau H. Supardi, Ketua PCNU Ust. Nasrun Rambe, Camat Kahayan Hilir dan tamu undangan lainnya.

Dalam sambutannya, H. Edi Casmani yang mewakili Bupati Pulang Pisau, menyampaikan betapa pentingnya membangun kehidupan beragama di Pulang Pisau. Sehingga kehadiran ormas Islam, termasuk Hidayatullah, merupakan wahana untuk menciptakan keharmonisan kehidupan berbangsa dan dalam rangka mendukung pembangunan Kab. Pisau pada khususnya, dan Bangsa Indonesia pada umumnya.

Sementara itu H. Muhyidin Nur Rabbani, Ketua DPW Hidayatullah Kalteng dalam sambutannya juga menekankan pentingnya menjaga soliditas organisasi agar, semua program yang akan disusun nanti merupakan ikhtiar bagi segenap jajaran pengurus dan kader di Kalteng untuk merealisasikan kebijakan yang telah digariskan di pusat.

Sedangkan Ketua DMW Kaltim, Ust. Kisman, juga menekankan berapa pentingnya menjaga ibadah dan ruhiyah bagi semua kader, serta senantiasa melaksanakan Gerakan Nawafil Hidayatullah, sebasgai benteng untuk mengarungi hidup dan kehidupan.

Ust. Asih Subagyo, M.Kom, sebagai utusan Dewan Pengurus Pusat dalam pidato pembukaan mewakili Ketua Umum, menjampaikan betapa pentingnya kader untukl mengangkat program-program besar sambil menyitir statemen Bapak Pimpinan Umum Hidayatullah, "Mari kita mengangkat program besar, sebagai bukti bahwa Allah maha besar.”

"Dengan adanya program besar maka kita akan mengedepankan prinsip plan your work, work your plan (rencanakan apa yang akan dikerjakan dan kerjakan apa yang direncanakan,” jelas Ust Asih sebagaimana dikutip dari rilis yang diterima redaksi Ihwal.net pada Rabu, 25/1.

Sebab, menurut Ust. Asih, seringkali dijumpai dalam jaringan organisasi yang tidak tertib dalam melaksanakan program yang telah direncanakan, bahkan mengangkat program baru yang tidak direncakanan, akibatnya program yang telah direncanakan gagal, dan program barupun tidak berjalan optimal.

Oleh karenanya, ditekankan pula bahwa setelah musyawarah berlangsung dengan merumuskan program-program kerja yang disepakati, dilanjutkan dengan mujahadah yang maksimal dengan menerapkan kaidah manajemen modern dan diakhiri dengan munajat, dimana berharap bimbingan dan hidayah Allah dalam setiap melaksanakan program dan juga aktifitas lainnya.

Akhirnya Ust. Asih juga menyampaikan bahwa, pentingnya do’a jama’ah, sehingga kita tidak gampang meng-klaim bahwa keberhasilan yang telah dilakukan itu karena kecerdasan, kepandaian, kepintaran diri sendiri atau hanya sekelompok orang. Tetapi bisa jadi keberhasilan DPW Kalteng dan seluruh jaringannya itu, berkat do’a-do’a dari berbagai wilayah, dan terutama do’a dari Bapak Pimpinan Umum.

Sebelum penutupan hadir Ust. Arfan AU-Ketua Silatnas Hidayatullah 2023 yang sedang menyelesaikan Desertasinya di UIN Antasari. Ia meluangkan waktu untuk melakukan sosialisasi terkait dengan Silatnas 2023. Beliau hadir bersama H. Zulkifli Mansur Salbu (Ketua DPW Kalsel), di mana jarak Kab Pulang Pisau dengan Banjarbaru hanya 2,5 jam. ***