Rabu, 29 Juli 2020

Awas Modus Penipuan Tukar Kartu ATM

PengirimUli Ulvika Sari.

Pernahkah anda merasa kartu ATM susah masuk pada mesin ATM? Atau merasa kartu ATM tidak bisa dibaca mesin? Suka bertanya-tanya enggak apa kira-kira penyebabnya?

Bukan, ini bukan tergantung iman kita. Namun, masalah ini memang sering dialami oleh masyarakat. Sayangnya, ketika terjadi hal semacam ini, banyak orang yang malah menunjukkan rasa kepanikannya.

Nah, hal seperti inilah yang sering dimanfaatkan oleh orang jahat. Biasanya mereka akan berpura-pura peduli dan ingin menolong, namun akhirnya menipu dan mencuri saldo rekening yang kita miliki. 

Umumnya ada beberapa hal yang bisa membuat kartu ATM kita ditolak mesin. Contohnya seperti kartu ATM terblokir, kartu ATM sudah kedaluwarsa, kartu ATM patah hingga chipnya tidak terbaca, ataupun memang karena mesin ATM-nya yang rusak.

Untuk mengetahui kartu ATM kamu terblokir atau tidak, coba cek saldomu. Jika kartunya ditolak, biasanya memang kartu kamu yang terblokir. Hal pertama yang harus kamu lakukan dulu adalah keluar area ATM centre.

Jangan sampai menunjukkan kepanikan dan langsung hubungi nomor telepon resmi bank kamu, jangan sampai salah telepon ya. Tetaplah dalam kondisi tenang karena bisa jadi ada orang jahat yang berada di sekitarmu.

Tetapi, jika kartumu memang sulit masuk dari awal, jangan minta tolong orang lain yang ada di sekitarmu. Sebab bisa saja memang ada sesuatu yang rusak pada mesin ATM yang kamu datangi.

Nah, pernah mendengar modus tusuk gigi? Modus ini sempat viral beberapa waktu lalu. Jadi biasanya pelaku memilih waktu pada malam hari. Mula-mula pelaku mengganjal tempat masuk kartu ATM menggunakan tusuk gigi.

Pertama pelaku akan membiarkan korban merasa panik dan heran kenapa kartunya tidak bisa masuk. Dari situlah pelaku yang pura-pura ikut mengantre akan mendatangi dan menawarkan bantuan.

Selanjutnya, pelaku akan mencoba mengalihkan perhatian dari korban tersebut. Rekannya yang lain akan mencabut tusuk gigi tersebut dan menukar kartu ATMnya dengan kartu ATM korban.

Saat kartu ATM berhasil masuk, korban akan bingung kenapa PIN yang ia masukkan salah terus. Pastinya korban akan mencobanya berkali-kali kan? Nah, pada saat itulah pelaku berusaha mengintip berapa PIN korban.

Setelah korban menyerah dan pulang, pelaku tinggal memasukkan kartu ATM korban dan memasukkan nomor PIN yang sudah ia intip tadi. Dan diambilah uangnya.

Hati-hati ya, modus tukar kartu ATM dengan berbagai trik seperti ini masih sering kali terjadi di mesin ATM yang relatif sepi. ***

(Pengirim adalah mahasiswi STID M Natsir, Jakarta)