Jumat, 31 Juli 2020

Kisruh Razia Masker di Jalan Pasar Dukun

PengirimYuni Nurudhuha

Corona telah memasuki wilayah Kecamatan Dukun, Kabupaten Gresik, Jawa Timur. Hal ini terungkap setelah 3 orang yang berasal dari 3 desa yang berbeda belum laama ini dinyatakan terinfeksi covid-19. Untuk mencegah penyebarluasannya, pihak koramil setempat melakukan razia masker di tepi jalan Pasar Dukun.

Razia dilakukan bertepatan pada hari wage (hari Jawa). Hari wage merupakan pasar mingguan di kecamatan Dukun sehingga banyak warga yang berbondong-bondong belanja. Mereka tidak mengetahui jika akan ada razia masker. Kurangnya kesadran pentingnya penggunaan masker menjadikan banyak warga yang terciduk.

Awalnya, petugas yang bekerja sama dengan satgas puskesmas itu, membagikan masker gratis kepada warga yang tidak menggunakannya. Namun, karena tidak sebanding antara masker yang dibagikan dengan jumlah warga yang tidak menggunakan masker, akhirnya petugas memerintahkan mereka agar berbalik arah ke rumah.

Banyak pengendara yang membanting arah dengan sembarangan. Klakson terdengar di mana-mana. Petugas parkir pasar turut dikerahkan untuk membantu menertibkan para pengguna jalan. Kemacetan yang panjang pun tak bisa dihindari. Terdengar beberapa warga memaki para petugas karena dianggap menjadi penyebab kemacetan. ***


(Penulis adalah mahasiswa STID M Natsir, Jakarta).