Rabu, 03 Maret 2021

Para Investor Cina Melirik Tempat Terpencil Untuk Membuka Usaha

OlehYulia Ningsih ---

Umumnya kita melihat para penguasa Cina membuka usaha di tengah perkotaan yang ramai. Namun kini mereka lebih tertarik dengan pedesaan yang masih dikelilingi hutan belantara.

Desa Bangunsari Dusun III Kecamatan Tanjung Sari, yang merupakan salah satu kecamatan yang berada di Lampung Selatan misalnya, menjadi lahan baru bagi para investor Cina. Mereka membeli tanah warga sekitar untuk dijadikan tambang bisnis mereka.

Lahan pertanian yang dulunya rimbun dengan pohon getah karet, kini disulap oleh para investor Cina menjadi kandang ayam raksasa.

Puluhan hektare tanah warga telah dijual kepada para investor, tentunya dengan harga yang tidak murah, mereka berani membayar hingga dua kali lipat dari harga normal tanah yang ada di daerah ini. Tentu warga sangat tertarik dengan penawaran tersebut dan akhirnya tanah beralih kepemilikan.

Tentu sangat disayangkan jika pengelolaan yang tidak tepat, warga yang menjual tanah mereka kepada para investor akan kehilangan tanah dan pekerjaan mereka. Harapannya pemerintah setempat untuk turut mengambil bagian dalam masalah ini agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan di kemudian hari.

(Penulis adalah Mahasiswi STID Mohammad Natsir Jakarta semester VI KPI)