Kamis, 18 Maret 2021

Tetap Jaga Iman dan Imun

Oleh: Eva Yulia ---

Mengajak manusia menuju agama Allah merupakan salah satu ibadah yang agung.  Bahkan perkataan yang paling baik yaitu perkataan yang mengajak manusia menuju jalan Allah. 

Allah Azza wa Jalla berfirman: 

وَمَنْ أَحْسَنُ قَوْلاً مِّمَّن دَعَآ إِلَى اللهِ وَعَمِلَ صَالِحًا وَقَالَ إِنَّنِى مِنَ الْمُسْلِمِينَ

“Siapakah yang lebih baik perkataannya daripada orang yang menyeru menuju Allah, mengerjakan amal yang shalih dan berkata: “Sesungguhnya aku termasuk orang-orang yang berserah diri”. [Fushshilat:33].

Dalam berdakwah iman dan imun menjadi hal penting,  agar gerakan dakwah sebagai prioritas utama dapat terus dikuatkan. 

"Kita harus tetap menjaga dan meningkatkan iman dan imun secara seimbang.  Karena kesehatan jiwa dan fisik  merupakan hal yang tak terpisahkan kala mengemban amanah sebagai Abdullah (Hamba Allah)  dan Khalifatullah (Wakil Allah di muka bumi), " ungkap Nashirul Haq MA, sebagai Ketua Umum Dewan Pengurus Pusat (DPP) Hidayatullah,  sebagaimana yang saya kutip di Republika. co. id. 

Rasulullah SAW juga menyerukan tiap muslim untuk menjadi pribadi yang kuat,  karena mukmin yang kuat lebih dicinta oleh Allah. 

Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda : 

اَلْـمُؤْمِنُ الْقَـوِيُّ خَـيْرٌ وَأَحَبُّ إِلَـى اللهِ مِنَ الْـمُؤْمِنِ الضَّعِيْفِ وَفِـيْ كُـلٍّ خَـيْـرٌ 

Mukmin yang kuat lebih baik dan lebih dicintai Allâh daripada Mukmin yang lemah; dan pada keduanya ada kebaikan. (Hr. Muslim dan Ibnu Majjah) 

Da'i atau pelaku dakwah adalah seseorang yang menyampaikan dan mengajarkan Islam serta berusaha mewujudkan ajaran tersebut dalam kehidupan. Seorang da'i juga dituntut untuk terus menjaga Iman serta Imun yang kuat,  karena sejatinya Iman dan Imun yang kuat merupakan hal yang penting agar gerakan dakwah sebagai prioritas utama tetap berjalan meski di tengah pandemi covid-19 ini. 

Ayo sama-sama kita kuatkan Iman dan Imun kita. 


(Penulis adalah mahasiswa STID M Natsir)