Kamis, 10 Maret 2022

Porsi Kerjamu dan Istirahatmu

Penulis: Kholifatun Naliah |

Allah Ta'ala berfirman dalam Quran surah Al-Qasas ayat 73, "Dan adalah karena rahmat-Nya, Dia jadikan untukmu malam dan siang, agar kamu beristirahat pada malam hari dan agar kamu mencari sebagian karunia-Nya (pada siang hari) dan agar kamu bersyukur kepada-Nya."

Di dalam ayat ini Allah Ta'ala begitu Maha Mengetahui kondisi hamba-Nya. Allah Ta'ala telah mengatur kehidupan manusia dengan sempurna. Namun, jarang sekali manusia mengetahuinya dan jarang sekali yang bersyukur.

Porsi kerjamu pada siang hari sudah Allah Ta'ala atur sedemikian rupa, baik pada waktu pagi , siang, maupun sore. Pada saat-saat tersebut Allah tetapkan bagi hamba-Nya untuk berkerja dan mencari rezeki. Allah Ta'ala juga menciptakan siang untuk mencari ilmu. Namun, janganlah kita lalai terhadap ibadah kita kepada Allah karena urusan dunia kita disiang hari.

Selanjutnya, Allah menciptakan malam hari untuk kita beristirahat. Malam hari adalah waktu memberi hak kepada tubuh kita untuk beristirahat setelah kesibukan kita pada siang hari. Namun, jangan sampai juga kita lalai terhadap kewajiban beribdaha kita kepada Allah. Jangan sampai kita beralasan lelah, ngantuk sehingga kita lupa mengerjakan ibadah kepada-Nya.

Malam hari adalah waktu istimewa kita sebagai seorang hamba kepada Allah karena di saat manusia capek dan terlelap dalam tidurnya, kita sibuk beribadah kepada Allah. Masya Allah. Sungguh semuanya Allah telah atur dengan baik bagi hamba-Nya yang senantiasa bersyukur di kala siang dan malam hari.

Wallhu'alam

(Penulis adalah mahasiswi STID M Natsir Jakarta)