Rabu, 05 Juni 2024

Bentuk Romantisnya Sang Pencipta

PenulisSelviana Wulandari |

Sang pencipta? Siapakah Dia? Dia adalah Dzat sebagaimana dijelaskan dalam al-Qur'an surat al-Hasyr ayat 24:

 "Dialah Allah Yang Menciptakan, Yang Mengadakan, Yang Membentuk Rupa, Yang mempunyai nama-nama Yang Paling baik. Bertasbih kepada-Nya apa yang ada di langit dan di bumi. Dan Dialah Yang Mahaperkasa lagi Mahabijaksana."

Lalu bagaimana bentuk romantisnya Allah Ta'ala? Kata Allah Ta'ala:

وَاَلْقَيْتُ عَلَيْكَ مَحَبَّةً مِّنِّيْ ەۚ وَلِتُصْنَعَ عَلٰى عَيْنِيْ 

 "Aku telah melimpahkan kepadamu kasih sayang yang datang dari-Ku; dan supaya kamu diasuh di bawah pengawasan-Ku.” (Thaha: 39)

Bentuk romantisnya Allah itu, Allah memberikan kasih sayang-Nya kepada semua makhluk ciptaan-Nya. Allah sama sekali tidak menelantarkan hamba-hamba-Nya, baik yang beriman kepada Allah atau yang tidak beriman, bahkan tidak percaya kepada Nya. 

Kemudian Allah menurunkan Al-Qur'an sebagai bentuk peduli Allah. Allah telah menyempurnakan Al-Qur'an tersebut agar dapat menjadi pedoman bagi kehidupan.

Dalam al-Qur'an tersebutlah, Allah menyampaikan banyak nasehat. Mulai dari masalah hidup, sampai kata-kata romantis agar kita sebagai hamba-Nya tetap merasa tenang dan merasa cukup terhadap apa yang telah dimiliki meski dalam keadaan sulit sekali pun.

Bahkan, ketika seorang hamba mengeluh atas cobaan, ujian yang sedang dihadapi, maka Allah mengatakan, "Allah tidak akan membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya." (QS. al-Baqarah: 286).

Allah selalu bersama kita. Ketika kita sedang merasa gelisah, putus asa, merasa ketakutan, Allah tidak pernah meninggalkan kita. 

Kata Allah: 
لَا تَحْزَنْ اِنَّ اللّٰهَ مَعَنَا

 "Janganlah engkau bersedih, sesungguhnya Allah bersama kita" (At-taubah: 40).

Allah juga mengatakan bahwa orang yang beriman, ketika sedang berada dalam keadaan hati yang tidak tenang, merasa khawatir, maka cukup dengan mengingat-Nya hati akan tenang.

الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا وَتَطْمَىِٕنُّ قُلُوْبُهُمْ بِذِكْرِ اللّٰهِۗ اَلَا بِذِكْرِ اللّٰهِ تَطْمَىِٕنُّ الْقُلُوْبُۗ 

 "(Yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka menjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, bahwa hanya dengan mengingat Allah hati akan selalu tenteram" (QS. Ar-ra'du:28)

MasyaAllah, inilah salah satu bentuk romantisnya Allah kepada hamba-Nya. Allah selalu menyapa hamba-Nya ketika hamba-Nya berdoa. Allah selalu mengampuni hamba-Nya yang ingin bertobat. 

Ampunan Allah sangatlah luas dan rahmat Allah tidak bisa kita hitung. Itulah bentuk romastisnya Allah terhadap hamba-nya tanpa hamba-Nya sadar 

Wallahua'lam

(Penulis adalah mahasiswi STID M Natsir, Jakarta)