Kamis, 25 Maret 2021

Khasiat Lidah Buaya Pada Wajah

Oleh: Nuning Azmairah ---

Lidah buaya merupakan jenis tanaman bertangkai pendek dan memiliki daun hijau tebal yang menyimpan air di daunnya. Tanaman yang berwarna hijau ini paling dikenal untuk mengobati luka di kulit.

Nah sekarang lidah buaya ini akan dijadikan bahan kosmetik pada wajah. Apa sih khasiat dari lidah buaya untuk wajah??
Yuk simak penjelasan dibawah!

1. Lidah buaya pada wajah bisa menenangkan kulit tersengat sinar matahari karena Lidah buaya mengandung senyawa yang disebut polisakarida yang mendorong perbaikan kulit dan pembentukan sel-sel kulit baru.

2. Lidah buaya pada wajah bisa meredakan peradangan kulit karena mengandung senyawa acemannan, yang menekan peradangan kulit. Namun, pastikan untuk melakukan uji tempel sebelum menempelkan lidah buaya pada kulit yang meradang, karena lidah buaya dapat menyebabkan dermatitis kontak alergi pada beberapa orang.

3. Menipiskan jerawat
Gel dalam lidah buaya memiliki antibakteri dan mengandung asam salisilat. Asam salisilat yang merupakan exfoliant yang membantu membuka pori-pori, sehingga sangat membantu mengatasi jerawat dan komedo.

4. Melambat penuaan
Manfaat lidah buaya untuk wajah yakni dapat memperlambat tanda-tanda penuaan karena Lidah buaya merangsang aktivitas fibroblast yang meningkatkan produksi kolagen dan serat elastin yang memperlambat munculnya keriput di kulit dan menjadikannya lebih elastis.

Itulah beberapa manfaat lidah buaya pada wajah.... Semoga bermanfaatπŸ˜‡πŸ˜‡πŸ˜‡


(Penulis adalah mahasiswa STID M Natsir Jakarta)