Senin, 15 Maret 2021

Mutasi Corona Virus Dari Inggris Yang Lebih Berbahaya

Oleh: Dini Aprianti ---

Baru-baru ini Indonesia atau bahkan dunia kembali diterjang isu tentang virus Corona, yaitu ada nya mutasi virus Corona yang berasal dari Inggris. Menurut peneliti, Corona jenis ini lebih ganas dibanding Corona jenis sebelumnya.

Mengutip dari Wikipedia "Garis keturunan B.1.1.7, disebut juga 20I/501Y.V1 atau Variant of Concern 202012/01 atau dikenal luas sebagai varian Inggris, adalah sebuah varian dari SARS-CoV-2, virus yang menyebabkan penyakit penyakit koronavirus 2019. ".

Dan Dikutip dari laman Reuters, sebuah penelitian membandingkan tingkat kematian di antara orang-orang di Inggris yang terinfeksi dengan varian B117 dan yang terinfeksi jenis biasa menunjukkan bahwa varian baru ini memiliki tingkat kematian yang "secara signifikan lebih tinggi".

Dalam studi di Inggris yang diterbitkan dalam British Medical Journal, infeksi dengan varian baru menyebabkan 227 kematian dalam sampel dari 54.906 pasien COVID-19, dibandingkan dengan 141 di antara jumlah pasien yang sama yang terinfeksi dengan varian lain atau sebelum mutasi.

Virus B119 pertama kali terdeteksi di Inggris pada bulan September tahun 2020, dan sudah ditemukan di lebih kurang lebih 100 negara. Di Indonesia sendiri virus ini terdektesi/ditemukan dari 2 WNI asal Karawang yang mempunyai riwayat perjalanan keluar negri. Hingga kini tercatat ada 6 kasus Corona B117 di Indonesia, 3 antaranya ditemukan di DKI Jakarta.


(Penulis adalah mahasiswa STID M Natsir)