Kamis, 03 Juni 2021

Ramadhan di Masjid Jogokariyan

OlehAnnisa Nurulia Candra Dewi ---

Masjid Jogokariyan, Yogyakarta merupakan salah satu masjid yang ramai dikunjungi baik dari masyarakat Yogyakarta maupun dari luar daerah, baik di Bulan Ramadhan maupun bulan - bulan biasanya. Nampaknya, banyak hal yang menjadi daya tarik dari masjid itu sendiri, khususnya di Bulan Ramadhan. Salah satunya, ada KRJ yaitu Kampung Ramadhan Jogokariyan.

Kampung Ramadhan Jogokariyan seperti pasar kecil yang menjajakan makanan dan minuman sebagai hidangan berbuka puasa yang letaknya di sekitaran jalan menuju Masjid Jogokariyan. Kampung Ramadhan Jogokariyan ini mulai dipadati pengunjung, mulai dari seelah Sholat Ashar sampe menjelang buka puasa, dan biasanya sudah ditutup ketika waktu sudah masuk sholat maghrib. 

Takjil gratis. Seperti halnya masjid-masjid pada umumnya yang menyediakan takjil gratis, Masjid Jogokariyan menyediakan 2000 taljil gratis setiap harinya yang dibagikan kepada masyarakat sekitar, pedagang yang berjualan di sekitar masjid, dan para jamaah Masjid Jogokariyan yang turut hadir untuk melaksanakan buka puasa dan Sholat Maghrib. 

Kajian umum. Kajian umum ini biasanya dilaksanakan mulai jam 21.00 WIB atau jam 9 malam sesudah sholat tarawih. Walaupun dilaksanakannya pada malam setelah sholat tarswih, namun jamaah yang mengikuti kajian tidak sedikit, bahkan ada yang bukan masyarakat sekitar Jogokariyan. 

Dengan banyaknya agenda yang diadakan ketika Bulan Ramadhan di Masjid Jogokariyan, membuat kita menjadi benar-benar merasakan hawa di Bulan Ramadhan, khususnya dalam keadaan pandemi pada saat ini. ***


(Penulis adalah mahasiswa STID M Natsir, Jakarta)