Kamis, 08 Juli 2021

Kejamnya Waktu Subuh

Oleh: Raudia Kartika Sari ---

Mungkin diantara kita sudah mengetahui betapa dahsyatnya keistimewaan di waktu subuh. Hari ini ada baiknya kita melihat waktu subuh dengan kacamata yang lain, yaitu dari bahaya waktu subuh bila kita tidak bisa memanfaatkannya.

Sebagaimana dalam Al-quran Allah Subhanahuwata'ala bersumpah dalam surat Al-fajr: "Demi Fajar (Waktu Subuh)". Kemudian dalam surat Al-falaq juga Allah mengingatkan: "Katakanlah! aku berlindung kepada Tuhan yang menguasai waktu subuh".

Ada apa dibalik waktu Subuh? Mengapa Allah Subhanahuwata'ala bersumpah demi waktu Subuh ? Mengapa harus berlindung kepada yang menguasai waktu Subuh? Apakah waktu Subuh sangat berbahaya ?

Ya,ternyata waktu Subuh benar-benar sangat berbahaya! Waktu subuh lebih kejam dari sekawanan perampok bersenjata api. Waktu subuh lebih menyengsarakan dari derita kemiskinan. Waktu subuh lebih berbahaya dari kobaran api yang disiram bensin.

Ketahuilah, bahwa waktu subuh lebih kejam dari perampok itu. Karena jika kita tertindas sang waktu subuh dan sampai melalaikan shalat fajar maka kerugian itu akan datang menghampiri.

Gimana tidak ? Di situ kita sudah kehilangan dunia dan segala isinya. Ingat, "Dua raka'at fajar lebih baik dari pada dunia dan segala isinya"(HR.muslim)

Nah, agar tidak merasakan tindasan waktu Subuh yang lebih kejam dari perampokan, agar tidak terkena gilasan waktu Subuh yang lebih menyengsarakan dari derita kemiskinan, dan agar tidak tertelan gerusan waktu Subuh yang lebih berbahaya dari kobaran api, maka: "katakanlah! Aku berlindung kepada tuhan yang menguasai waktu subuh" (Al-falaq:1) Yaitu dengan memanfaatkan waktu subuh sebaik-baiknya.


(Penulis adalah mahasiswa STID M Natsir, Jakarta)