Sabtu, 04 September 2021

Akhlak Buruk Itu Menular

Oleh: Kartini |

Pernahkah kita menyadari bahwa akhlak buruk yang dilakukan seseorang ternyata dapat menular kepada orang lain yang berada di sekitarnya. 

Tak sedikit orang yang menginginkan kebaikan bagi sanak saudaranya tapi lupa akan akhlak buruk yang masih melekat pada dirinya. 

Sebuah pepatah arab mengatakan:
 سُوْءُ الخُلُقِ يُعْدِي

Maksudnya adalah bahwa segala bentuk akhlak buruk cenderung lebih cepat menyebar dan ditiru oleh orang banyak daripada akhlak baik. Karena di dalam diri manusia itu ada nafsu yang selalu mendorong manusia untuk berbuat keburukan. Karena itu, hendaklah kita memilih lingkungan yang baik untuk tinggal karena walaupun kita sendiri tidak terpengaruh oleh rusaknya budi pekerti di lingkungan sekitar kita, namun bagaimana nasib anak cucu kita nanti?

Sebagai contoh ketika orang tua memerintahkan kepada anaknya untuk senantiasa sholat tepat waktu, namun orang tua tersebut sering telat bahkan tidak melaksanakan sholat dengan alasan banyaknya pekerjaan. Hal ini secara tidak langsung dapat memberikan doktrin kepada sang anak bahwa sholat dapat di tinggalkan jika ada banyak pekerjaan yang sedang dilakukan. 

Sebagai orang yang cerdik dan berakal, hendaknya pandai dalam bersikap terutama bersikap di hadapan anak cucu kita, karena sedikit saja kita bersikap buruk tentu hal tersebut akan menjadi contoh bagi mereka. ***

(Penulis adalah mahasiswa STID M Natsir Jakarta)