Kamis, 18 Maret 2021

The Great Muslimah

OlehSiti Marwah Sya'baniyah ---

Mungkin banyak dari kita atau diluar sana timbul pertanyaan, siapa sebenarnya wanita yang hebat? Sebagian mereka, bahkan tidak jarang menjawab wanita yang hebat itu wanita yang bisa mencapai puncak karier dan prestasinya, yang memiliki penghasilan yang besar, memiliki jabatan tinggi serta dengan aktivitas yang begitu padat.

Wanita hebat itu mereka yang banyak dikenal orang luar, dunia maya, dan selalu dipuji. Akibatnya banyak kaum muslimah yang terjebak dengan pendapat seperti itu.

Tanpa mereka sadari, bahwa dengan mengikuti dunia muslimah yang tidak memiliki iman dan akhlak, secara perahan-lahan akan meninggalkan identitas kemuslimahan mereka, sehingga akan menjauhkan dari Allah dan kemuliaan mereka yang diberikan oleh Allah.

Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wasallam bersabda, "Dunia adalah perhiasan, dan sebaik-baik perhiasan itu adalah wanita shalihah." (HR. Muslim dari Abdullah bin Amar)

Setiap Muslimah pasti ingin dirinya menjadi sosok yang great (hebat) di dunia, dan terlebih lebihnya mulia di hadapana Allah.

Bagaimana caranya? Maksimalkan kehidupan yang menjadi kunci para muslimah luar biasa, yaitu fokus hanya kepada Allah (syar'i), fokus terhadap diri (berprestasi), dan fokus terhadap orang lain (menginspirasi), membuat diri tidak hanya bermanfaat untuk diri sendiri tapi juga menjadi bermanfaat untuk orang lain.

Fokus terhadap Allah berarti meyakini keberadaan-Nya, menyadari petunjuk-Nya, dan senantiasa mendekatkan diri pada Allah, mengabdikan hidup kita hanya untuk-Nya. Mungkin kebanyakan dari mereka selalu pusing dan memikirkan masalah pasangan, jodoh dan sebagainya, tapi, apakah kita pernah menyadari akan sesuatu? Saat kita sibuk memikirkan hal-hal seperti itu, Allah sedang merindukan kita, sementara kita sedang merindukan hal-hal lain selain Allah.

Fokus terhadap diri berarti mengenali peran diri, serta menggali, meyakini, dan memaksimalkan potensi diri, dan fokus terhadap orang lain berarti memahami semangat berbagi dan menebar manfaat bagi orang-orang di sekitar.

Muslimah yang hebat adalah dia yang juga berakhlak mulia. Akhlak bisa ada pada diri wanita bila ia beriman dan berserah diri pada-Nya, Karena sesungguhnya standar akhlak sendiri adalah bagian dari syariat Islam dalam rangka menjalankan perintah Allah dan menjauhi larangan-Nya. ***

(Penulis adalah mahasiswa STID M Natsir)