Rabu, 17 Maret 2021

Wajah Baru MA IT Dewan Da'wah Lampung Selatan

Oleh: Yulia Ningsih ---

Hampir enam tahun telah berdiri Madrasah Aliah Islam Terpadu Dewan Da'wah Lampung Selatan atau yang lebih dikenal dengan dengan singkatan MA IT DDL. Tepatnya berlokasi di desa Wawasan kecamatan Tanjung Sari Lampung Selatan. 

Madrasah Aliyah Dewan Da'kwah Lampung Selatan ini merupakan sekolah umum yang mencetak generasi muda yang beragamis dan juga berwawasan luas. Beberapa alumni MA IT DDL yang saat ini tengah menempuh pendidikan ditingkat perguruan tinggi atau setara dengan Strata 1, baik di Universitas negri maupun Swasta. 

Hal ini cukup menarik, mengapa? Sebab sebagian orang berpendapat bahwa siswa ataupun siswi yang mengenyam pendidikan di sekolahan yang berbasis dinniah, dianggap akan sulit nantinya meblanjutkan pendidikan ditingkat perguruan tinggi, maka para alumni MA IT Dewan Da'wah Lampung Selatan membuktikan bahwa hal tersebut tidak sepenuhnya benar.

Setelah hampir lima tahun berselang meluluskan para pejuang muda baik putra maupun putri, kini wajah MA IT Dewan Da'wah Lampung Selatan berubah menjadi Madrasah Aliah Terpadu Boarding Scool Dewan Da'wah (Ma'had Tadabur Qur'an Desa Wawasan) dan lebih berfokus pada pendidikan Tahfidzul Qur'an serta hanya dikhususkan bagi putra.

Ini merupakan salah satu kebijakan baru dari Dewan Da'wah Lampung Selatan, dengan model pendekatan Al-Qur'an ini diharapkan masyarakat sekitar dapat lebih tertarik memasukkan anak-anak mereka ke sekolah Madarasah Aliah Islam Terpadu ini.

Melihat minat warga ataupun masyarakat sekitar sendiri masih minim untuk menyekolahkan putra putrinya ke sekolahan yang berbasis Islam dan memilih menyekolahkan putra putrinya kesekolah umum yang jauh dari pendidikan ajaran agaman Islam.

Meskipun program baru ini belum sepenuhnya berhasil, yakni mengajak masyarakat untuk bergabung ke sekolahan yang berbasis Islam namun para pengurus MA Boarding Scool Dewan Da'wah terus berpikir positif dan terus mengupayakan kemajuan sekolah dewan da'wah ini. 17/3/2021

(Penulis adalah Mahasiswi STID Mohammad Natsir Jakarta, Semester VI KPI)