Kamis, 03 Juni 2021

Enam Da'iah Penerus Risalah Da'wah

Oleh: Yulia Ningsih ---

Apa peran wanita dalam dunia da'wah? Mungkin sebagian orang berpendapat bahwa wanita hanya berbatas pada tabiatnya. Padahal peran sangat besar dalam perjuangan da'wah.

Bercermin dari kisah-kisah para wanita terdahulu, dimana para wanita ikut ambil bagian dalam setiap langkah da'wah. Sebut saja Ibunda Khadijah yang rela menginfakkan seluruh hartanya untuk mendukung perjuangan da'wah Rasulullah, atau sosok putri Abu Bakar, 'Aisyah, yang memiliki wawasan dan pengetahuan Islam yang luas sehingga menjadi panutan bagi para kaum wanita. 

Enam da'iah penerus risalah da'wah, berjuang menegakkan kalimat tauhid di bumi sang ruwai jurai. Dimana kafilah da'wah tahun ini berbeda dengan kegitan Kafilah da'wah pada tahun sebelumnya. Setiap provinsi menerjunkan para da'i dan da'iah muda untuk berda'wah dan menyebarkan risalah da'wah di lapangan.

Provinsi Lampung menerjunkan 28 Pandawa dan 6 Srikandi da'wah. Namun, yang menjadi sorotan adalah peran 6 Srikandi da'wah. Dimana medan da'wah yang dihadapi tidak semudah yang dibayangkan.

Berjuang di daerah kristenisasi

Setelah melihat berita di berbagai media dan menghadiri kajian keislaman yang membahas dakwah pedalaman Indonesia ternyata banyak sekali saudara-saudara muslim yang baru memeluk Islam ataupun yang sudah lama, mereka tidak mendapatkan pendidikan Islam dengan baik. Dengan keadaan seperti itu maka bukan hal aneh jika kaum misionaris bisa dengan mudah membujuk mereka untuk mengikuti jalannya. 

Untuk itu, sebagai da'iyah kita tidak boleh berdiam diri. Dengan semangat ukhuwah Islamiyah, kita melangkah dan mengambil bagian dalam dakwah pedalaman ini. Bertemu dengan saudara-saudara di pedalaman dan berharap dapat membantu mereka untuk belajar bersama-sama menjadi muslim yang baik.

Janganlah kita menyibukkan diri dalam masalah khilafiyyah. Marilah kita bekerja sama, tolong-menolong dalam memenuhi kebutuhan saudara kita dan saling memaafkan dalam hal yang kita perselisihkan.


(Penulis adalah Mahasiswi STID Mohammad Natsir Semester VI Prodi KPI)