Kamis, 03 Juni 2021

Toleransi Antar Sesama Itu Penting

Oleh: Nuning Azmairah ---

Mengapa toleransi antar sesama itu penting? Karena kita menjalani hidup dan kehidupan di suatu negri yang mana di dalam nya terdapat berbagai macam suku, agama, ras dan budaya, yaitu Indonesia.

Indonesia menampung berbagai macam perbedaan..baik dalam segi internal maupun eksternal, dan perbedaan itu membawa dampak yang berbeda beda pula.

Seperti Provinsi Riau yang kental dengan budaya melayu nya, seperti Provinsi DKI Jakarta yang kental dengan julukan kota metropolitannya dan lainnya.

Dan masing-masing Provinsi pun memiliki berbagai kabupaten, kecamatan dan sampai ke desa yang mana setiap wilayah nya masing-masing memiliki budaya nya sendiri.

Secara otomatis kita sebagai warga negara republik indonesia harus memiliki rasa toleransi antar sesama selagi tidak melanggar dan merusak syariat agama yang kita yakini.

Perumpaan toleransi antar sesama itu diibaratkan sebuah pohon jambu yang di tanam berdekatan dengan dengan pohon durian..jika buah dari pohon durian yang berduri itu tidak jatuh tepat di atas pohon jambu maka tidak ada salahnya kita tanam pohon jambu berdekatan dengan pohon durian karena tidak yang patah dari apa yang ada pada pohon jambu, tetapi jika buah durian itu jatuh tepat di atas pohon jambu maka kita sudah salah menanam pohon jambu berdekatan dengan pohon durian karena pohon jambu itu patah tertimpa buah durian.

Seperti itulah kita bertoleransi antar sesama jika orang lain tidak mengganggu atau merusak apa yang kita yakini maka tak ada hak bagi kita untuk mengusir atau mengganggu orang tersebut dan sebaliknya. ***


(Penulis adalah mahasiswa STID M Natsir, Jakarta)