Rabu, 30 Juni 2021

Sakitku Penggugur Dosaku

Oleh: Novi Indiana ---

Rasulullah SAW bersabda, "Tidaklah seorang muslim tertimpa suatu penyakit dan sejenisnya, melainkan Allah akan mengugurkan bersamanya dosa-dosanya seperti pohon yang mengugurkan daun-daunnya." (HR. Bukhari dan Muslim).

Hadits ini mengingatkan kita akan suatu keadaan. Keadaan di mana fisik, emosional, perkembangan kita berkurang atau terganggu. Itulah yang dinamakan sakit.

Menurut wikipedia, sakit adalah pandangan atau persepsi seseorang bila merasa kesehatannya terganggu.

Teman - teman, perlu kita ketahui bahwa hidup ini tidak lepas dari cobaan dan ujian, bahkan cobaan dan ujian merupakan sunatullah dalam kehidupan. Manusia akan diuji dalam kehidupannya, baik dengan perkara yang tidak disukainya atau bisa pula pada perkara yang menyenangkannya.

Sakit merupakan salah satu ujian yang tidak dapat dipungkiri. Namun, jangan khawatir, akan ada hikmah dibalik cobaan yang kita alami. Termasuk ketika kita diuji dengan rasa sakit. Karena sakit merupakan bentuk kasih sayang Rabb terhadap hamba-Nya.

Dengan sakit, Allah akan menghapus dosa-dosa kita. Ia merupakan sebab pengampunan atas kesalahan-kesalahan yang pernah kita lakukan dengan hati, pendengaran, penglihatan, lisan dan dengan seluruh anggota tubuh kita.

Sebagaimana Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda, "Tidaklah menimpa seorang mukmin rasa sakit yang terus menerus, kepayahan, penyakit, dan juga kesedihan, bahkan sampai kesusahan yang menyusahkannya, melainkan akan dihapuskan dengannya dosa-dosanya." (HR. Muslim)

Dengan begitu, untuk teman-teman yang saat ini sedang sakit, jangan bersedih. Tersenyumlah. Karena, Allah selalu bersama kita. Tetap ikhtiar untuk sembuh. Jaga iman dan imun agar selalu aman.

Syafakillah laa ba'sa thohurun Insyaa Allah. ***


(Penulis adalah mahasiswa STID M Natsir)