Rabu, 30 Juni 2021

Anak Kampung Bisa Apa?

Oleh: Eka Santi ---

Sering kali kata-kata ini terdengar di telinga kita, sehingga membuat kita down dan enggan untuk berubah menjadi manusia yang lebih baik lagi.

Hal ini sangat disayangkan. Mengapa kita sangat lemah? Hanya mendengar kata-kata ejekan seperti itu saja kita sedih dan terpuruk. Bukankah kita punya Allah yang maha kaya?

Ayo kita bangkit, jangan jadikan perkataan mereka sebagai penghalang bagi kita untuk menjadi manusia yang lebih baik dan bermanfaat.

Ingatlah kisah Rasulullah Shalallahu Alaihi Wasallam, bagaimana perjuangan beliau untuk menegakkan Agama Allah Ta'ala, itu tidaklah mudah, Nabi Muhammad SAW mendapati sangat banyak ujian, dan rintangan.

Beliau dilempari oleh batu ketika hendak menyebarkan kebenaran, diludahi, diancam, diteror, berusaha dibunuh, serta dihina. 

Bagaimana sikap Rasulullah Shalallahu Alaihi Wassalam pada saat itu? Beliau senantiasa sabar, ikhlas, dan bertaqwa kepada Allah Ta'ala. Bahkan beliau mendo'akan seseorang yang telah menghinanya.

Bisakah kita seperti beliau, senantiasa bersabar dalam setiap ujian? Tentu tidaklah mudah. Namun, mengapa kita tidak mencobanya dengan berdoa kepada Allah Ta'ala?

Mari kita renungkan. ***


(Penulis adalah mahasiswa STID M Natsir, Jakarta)