Kamis, 18 Maret 2021

Indonesia Menyerah, Jangan Terserah

Oleh: Novi Indiana ---

Hampir satu tahun lamanya Indonesia menghadapi pandemi COVID-19 sejak kasus pertama diumumkan pada awal Maret 2020 hingga kini tanggal 17 Maret 2021. 

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC), Virus Corona adalah kelompok virus yang umumnya menjangkiti hewan. Hanya dalam kasus yang jarang terjadi dapat ditularkan pada hewan ke manusia, seperti yang terjadi di Wuhan, China.

Setelah hampir 1 tahun mewabah di Indonesia, jumlah pasien COVID- 19 menembus angka 1 juta.

Belum lama ini, muncul ungkapan "Indonesia Terserah", hal tersebut sangat mewakili kekecewaan banyak orang, khususnya tenaga kesehatan yang berjibaku di garis depan penanganan virus Corona COVID-19. Sedang yang lain abai terhadap protokol kesehatan.

Kecewa boleh, tetapi bukan alasan untuk menyerah. Karena, Allah telah menjanjikan sesuatu dibalik hikmahnya.

Dari Abu Said Al-Khudri dan dari Abu Hurairah radhiyallahu'anhuma, dari Nabi shallallahu 'alaihi wasallam bahwa beliau bersabda:

مَا يُصِيبُ الْمُسْلِمَ مِنْ نَصَبٍ وَلَا وَصَبٍ وَلَا هَمٍّ وَلَا حُزْنٍ وَلَا أَذًى وَلَا غَمٍّ حَتَّى الشَّوْكَةِ يُشَاكُهَا إِلَّا كَفَّرَ اللَّهُ بِهَا مِنْ خَطَايَاهُ 

"Tidaklah seorang muslim tertimpa suatu kelelahan, atau penyakit, atau kehawatiran, atau kesedihan, atau gangguan, bahkan duri yang melukainya melainkan Allah akan menghapus kesalahan-kesalahannya karenanya"

(HR. Al-Bukhari no. 5642 dan Muslim no. 2573)

Kini, saatnya kita jangan terserah.

Patuhi aturan pemerintah dan juga protokol kesehatan.

Angkat tangan, tengadahkan wajah..

Dan berdo'alah..

Semoga Allah melindungi kita semua dan segera angkat wabah dimuka bumi ini.

Aamiin. ***

(Penulis adalah mahasiswa STID M Natsir)