Kamis, 17 Juni 2021

Palestina Bukan Sekedar Humanity!

PenulisRaudhatul Jannah ---

Oke, Insyaa Allah masih anget-anget yah sob… berita tentang keadaan Saudara kita tercinta di Palestina nan jauh sana. Kali ini, kita akan ngebahas soal Quotes yang tersebar di berbagai beranda akun social media kita baik Fb, Wa, Ig, Twitter, dll. 

Lanjut, udah gak asing dong dengan Quotes satu ini "Palestina is not about Religion, but Palestina is about Humanity". Nah, mungkin dikalangan besar, Quotes ini menjadi pemersatu ummat manusia sob.. karena dengan adanya Quotes ini semua manusia bersatu tanpa harus memandang atau menyeratakan agama. Tapi, danger nih untuk kita yang beragama Muslim, tentu ini tidak boleh menjadi sandaran yah...

Wah, mengapa???

Baik, ini pointnya. Mengapa kita tidak boleh menjadikan sandaran bahwa Palestina bukanlah masalah agama tapi, Palestina adalah masalah Kemanusiaan??

Rasulullah ﷺ bersabda, "…dan engkau menyingkirkan gangguan dari jalan pun Shodaqoh." (HR. Bukhari dan Muslim).

Hadits ini jika dipandang sekilas hanyalah masalah yang kecil, bahwa ketika kita menyingkirkan gangguan di jalan adalah masalah agama, namun memiliki makna yang sangat luas. 

Bukan hanya itu, kita berjalan untuk pergi sekolah, kerja adalah masalah agama, memberi makan dan minum kucing, anjing dan sebagainya adalah masalah agama, memberikan dan saling membantu orang kafir pun adalah masalah agama. Semua hal yang ada di dunia ini, dari kita bangun tidur hingga tidur lagi adalah masalah agama.

Agama Islam telah jauh mengatur kehidupan kita sedemikian dan sebaik mungkin untuk kita mengumpulkan pahala setiap harinya. Lalu, mengapa Palestina tidak boleh kita pandang hanya karena kemanusiaan?

Yah, karena hal sekecil apapun adalah masalah dalam agama kita, apalagi membantu manusia, saudara seiman atau bukan. Bukan hanya itu, Palestina adalah tempat yang sangat bersejarah bagi ummat Islam, yang begitu mulia kedudukannya dalam Al-Qur'an, tempat yang memiliki peristiwa sangat hebat, yaitu tempat dimana Isra' Mi'raj berlangsung, terlebih lagi disanalah Masjidil Aqsa yang merupakan Kiblat pertama bagi Umat Islam. 

Tentu, ini menjadi sebuah kewajiban Umat Islam untuk kita perjuangkan hingga titik darah penghabisan, Palestina adalah sebuah Perjuangan bagi agama kita. Bukan hanya sekedar Kemanusiaan, karena agama kitalah yang lebih memanusiakan kemanusiaan dibanding apapun. So, open our mindset, jadikan Palestina sebagai peluang besar kita berjihad, penghargaan yang harus kita perjuangkan, bukan hanya sekedar raga ataupun fisik, tapi dengan menyuarakan keadilan, melawan kebatilan, membantu dengan harta yang kita miliki, dan do'a kita setiap harinya. Allahul Musta'an, Wallahu a'lam bisshawab.

(Penulis adalah mahasiswa STID M Natsir)